Loading...
Jumat, 20 Februari 2009

Apa sebabnya?

Mengapa lulusan Unlam agak sulit bersaing dengan jebolan Universitas atau Lembaga Pendidikan lainnya?

Ada yang bilang karena kurang sarana dan prasarana, ada juga yang bilang karena kualitas pengajarnya, ada juga yang mengatakan karena metode dan sistem pembelajarannya, ada juga yang bilang karena memang kualitas mahasiswa yang masuk ke Unlam ga bagus-bagus amat.

Nah lho??? kira-kira kenapa ya?

Mari kita telaah bersama-sama.



Menurut saya beberapa hal yang menyebabkan lulusan Unlam kurang bisa bersaing adalah:
1. Kurangnya gambaran lapangan pekerjaan pada saat mereka mendapatkan materi perkuliahan, sehingga tidak ada bayangan apapun tentang apa yang akan mereka kerjakan berkaitan dengan materi kuliah yang diberikan.
2. Mahasiswa kurang dibekali dengan berbagai keterampilan yang diperlukan oleh pasar kerja, seperti penguasaan Bahasa Inggris dan program komputer yang sering digunakan di bidang masing-masing.
3. Mahasiswa tidak dibiasakan untuk berpikir kritis dan kreatif sehingga mereka kurang jeli melihat peluang.
4. Kurangnya interaksi mahasiswa Unlam dengan para steak holder (pengguna lulusan Unlam, seperti perusahaan atau lembaga pemerintahan).Perlu peran serta dan campur tangan Lembaga (Fakultas atau Universitas).
5. Sarana dan prasarana yang kurang memadai dan tidak optimal.
6. Kegiatan kemahasiswaan tidak difasilitasi dan diberi dukungan yang positif.

Jika kita bandingkan dengan Universitas lain yang seangkatan dengan Unlam, kita sudah sangat jauh tertinggal dalam hampir semua sisi. Jadi dapat disimpulkan bahwa lulusan Unlam tidak (mungkin belum) memiliki nilai Plus dibandingkan yang lainnya. Akan tetapi dengan segala kekurangan yang dimiliki Unlam, saya berharap para mahasiswanya dapat lebih kreatif mensiasati kekurangan tersebut.

0 comments:

Posting Komentar

Loading...
Loading...