Loading...
Jumat, 20 Februari 2009

Membuat Casablanca yang ma' nyos...

Casablanca merupakan nama kue yang terbuat dari agar-agar sebagai bahan dasarnya. Campuran berbagai macam bahan dan cara pembuatan yang unik tapi ga sulit membuat penganan ini menjadi punya "taste" yang lain dari pada yang lain.
Banyak orang mengenal makanan ini sebagai keluarga puding susu yang dibakar, tapi saya akan memberikan resep alternatif bagi anda yang ingin mencoba metode baru.



Bahan-bahan yang diperlukan terdiri dari:
1. 3 bungkus agar-agar
2. 5 butir telur
3. 1/2 kg gula pasir (dibagi 2 bagian)
4. 100 gram mentega yang telah dicairkan
5. 1/2 kaleng susu
6. 1200 mL air atau setara dengan 8 gelas air
7. 200 gram tepung terigu
8. vanili bubuk secukupnya
9. Garam secukupnya
10.Cocoa bubuk secukupnya (dilarutkan dengan air) dapat pula menggunakan pasta coklat

Cara membuat:
1. Rebus agar-agar dalam air bersama separuh bagian gula, tambahkan vanili, hingga mendidih. Masukkan garam secukupnya.
2. Kocok telur bersama dengan sisa bagian gula, tambahkan vanili bubuk (menggunakan mixer kecepatan kecil hingga sedang atau menggunakan pengocok telur manual biasa). Masukkan tepung terigu.
3. Masukkan rebusan agar-agar (No.1) ke dalam adonan telur (no.2) bukan sebaliknya, karena akan terjadi penggumpalan.sambil diaduk, masukkan mentega cair dan susu.
4. Setelah tercampur merata rebus kembali hingga mendidih atau menurut selera. perebusan kembali ini bertujuan untuk memastikan adonan telur dan tepung tadi benar-benar masak.
5. Angkat dan tuang ke loyang cetakan agar-agar, sisakan 1/3 bagian adonan dan campurkan dengan cocoa cair. Tuangkan ke adonan yang putih dan buat pola menurut selera.

Dinginkan pada suhu ruangan atau di lemari pendingin, potong-potong dan sajikan menemani teh sore anda bersama keluarga.

0 comments:

Posting Komentar

Loading...
Loading...