Loading...
Selasa, 10 Februari 2009

Ozon yang Jahat (The “Bad” Ozone)

Tahukah anda bahwa Ozon yang kita kenal sebagai senyawa baik yang melindungi bumi dari sinar ultraviolet matahari, ternyata dapat membahayakan kita manusia.

Ozon merupakan suatu molekul yang terdiri dari 3 buah atom oksigen, sangat reaktif dan tidak stabil. ozon digunakan sebagai bahan pemutih, agen penghilang bau, dan agen sterilisasi bagi udara dan air minum. pada konsentrasi rendah pun ozon bersifat racun.

Ozon secara alami ditemukan pada lapisan stratosfer dalam konsentrasi sedikit. pada lapisan ini, ozon terbentuk ketika sinar ultraviolet dari matahari memecah molekul oksigen (O2) menjadi dua atom oksigen. jika sebuah atom oksigen tersebut berikatan dengan molekul oksigen maka akan terbentuk ozon kembali.


Ozone production from NOx pollutants: Oxygen atoms freed from nitrogen dioxide by the action of sunlight attack oxygen molecules to make ozone. Nitrogen oxide can combine with ozone to reform nitrogen dioxide, and the cycle repeats.

Ozon juga dapat ditemukan pada Troposfer, yang merupakan lapisan paling rendah di atmosfer atau lapisan yang paling dekat dengan permukaan bumi. Tropospheric Ozone inilah yang disebut dengan ozon jahat. Ozon tersebut berasal dari aktivitas manusia, sebagai hasil dari polusi udara dari mesin pembakaran internal dan pembangkit tenaga listrik. Emisi kendaraan bermotor dan industri melepaskan sejumlah senjawa gas nitrogen oksida (NOx) dan senyawa organik volatil (=mudah menguap) atau yang dikenal sebagai volatile organic compounds (VOC), yang juga merupakan hasil sampingan dari pembakaran bahan bakar dan batu bara. Pada siang hari dengan kondisi temperatur tinggi, NOx dan VOC tersebut kehilangan oksigennya dan oksigen-oksigen tersebut membentuk ozon. Ozon yang terlalu banyak pada lapisan troposfer manghasilkan peningkatan suhu di siang hari karena mereka memerangkap panas matahari, dan sebaliknya sangat dingin di malam hari.

Meskipun polusi ozon biasanya ditemukan pada area perkotaan, akan tetapi tidak menutup kemungkinan terdapat pula di daerah pedesaan. Hal ini disebabkan oleh perluasan penyebaran oleh angin atau dapat pula disebabkan oleh aktivitas ransportasi ke daerah pedesaan. Level signifikan dari polusi ozon dapat dideteksi pada area sejauh 402 Km dari zona industri (searah dengan arah angin).

1 comments:

debes.cuy mengatakan...

Ijin nanya Bu...
Dampak ozon jahat bagi manusia apa??

Posting Komentar

Loading...
Loading...