Loading...
Senin, 22 Maret 2010

Tugas Mikrobiologi Teknik Lingkungan Genap 2009/2010

Tugas untuk mahasiswa Teknik Lingkungan yang menjadi peserta mata kuliah Mikrobiologi TL:

Tugas perorangan dikumpulkan pada hari selasa, 30 Maret 2010 Pukul 08.00 WITA dalam bentuk hardware dan software (1 kelas 1 CD/DVD).

Buat KARYA ILMIAH mengenai aplikasi mikroorganisme dalam bidang lingkungan yang meliputi beberapa tema-tema berikut:

1. Lingkungan Hidup Mikroorganisme
-    Lingkungan Abiotik
-    Lingkungan Biotik

2. Sterilisasi dan Desinfeksi
-    Perlakuan Fisik
-    Desinfektan dan Antiseptik

3. Pertumbuhan dan Perkembangbiakan
-    Pertumbuhan
-    Kurva Pertumbuhan
-    Perkembangbiakan
-    Daur Hidup
-    Cara Enumerasi
4, Pewarnaan
-    Zat Warna
-    Tipe Pewarnaan
5. Media
-    Bentuk Media Padat, Cair, Semi Padat atau Semi Cair
-    Susunan Media
-    Sifat Media
6. Mikroorganisme Didalam Tanah
-    Susunan Tanah
-    Tanah Sebagai Medium
-    Humus
-    Peredaran Karbondioksida (CO2)
-    Peredaran Nitogen
7. Mikroorganisme Didalam Air dan Air Susu
-    Peranan Air
-    Kehidupan Mikroorganisme Didalam Air
-    Air Sebagai Wahana Penyakit Menular
-    Bagaimana Cara Menguji Kebersihan Air
-    Penghitungan Jumlah Pada Lempeng (Standart Plate Count)
-    Cara Memurnikan Air


8. Mikroorganisme dan Makanan Kita

9. Ekologi dan Jasad Renik Pada Makanan Kita


10. Hidup Bersama Antara Mikroorganisme
-    Netralisme
-    Kompetisi
-    Antagonisme
-    Komensalisme
-    Mutualisme
-    Sinergisme
-    Parasitisme
-    Predatorisme
-    Ikhtisar Macam Hubungan Antar Spesies

 Kerjakan dengan baik. Usaha maksmal akan menghasilkan hasil yang maksimal pula. Selamat Belajar.

4 comments:

Anonim mengatakan...

bu saya iman mw nanya, kalo misalkan saya ngambil 1 tema trus teman saya juga mengambil tema yg sama dgn saya, yang membedakan jenis mikroorganisme aj kah bu......???format penulisan karya ilmiahnya kayak makalah biasa kah bu???
1 lagi bu, saya mw nanya tentang format penulisan PKL kemarin bu. Di formatnya kan bu ad bab pendahuluan, metode penelitian, hasil pembahsan dan kesimpulan. Saya mw mengganti bab metode penelitian dengan tinjauan pustaka boleh g bu, trus yg metode penelitiannya saya masukkn d bab hasil pembahsan......terima kasih bu sebelumnya

Nopi Stiyati P mengatakan...

rule nya:yang dibahas jangan sama

format: bebas, semakin lengkap dan komprehensif makin baik

Unknown mengatakan...

Bu, mo ga jdi pembimbing buat KP ulun?? nih fadli bu. ulun bingung.

Nopi Stiyati P mengatakan...

Fadli: bisa saja asalkan sesuai dengan bidang saya...

Posting Komentar

Loading...
Loading...