Loading...
Jumat, 27 Maret 2009

Kenapa Tifus bisa kambuh?

Seminggu yang lalu saya sakit dan oleh dokter saya dinyatakan terkena Tifus. Memang setahun yang lalu, saya pernah menderita penyakit yang sama dan harus menginap di Rumah Sakit selama beberapa hari. Saya menyangka penyakit tersebut tidak akan kambuh lagi. Ternyata tidak demikian. Oleh karena itu maka saya mencari tahu mengenai penyakit Tifus tersebut.

Menurut beberapa literatur yang saya baca, Tifus atau yang oleh orang bule disebut Typhoid fever (demam typhoid) merupakan penyakit pada saluran pencernaan, biasanya lebih sering diderita anak-anak dan pada beberapa kasus menyerang orang dewasa. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica serovar Typhi. Organisme ini adalah bakteri berbentuk basil pendek, Gram-negatif yang bergerak dengan flagela peritrichous (diseluruh permukaan). Bakteri ini tumbuh dengan baik pada suhu 37oC/ 99oF – suhu tubuh manusia. Bakteri ini tersebar luas, ditransmisikan oleh konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi oleh feses orang yang telah terinfeksi.

Gambar Koloni S. enterica Typhimurium

Bakteri tersebut akan melubangi dan masuk ke dinding usus dan oleh makrophages akan diphagosit. Salmonella Thyphi kemudian akan mengubah strukturnya menjadi tahan terhadap pengrusakan dan hal ini membuat mereka tetap bertahan terhadap makrophage. Hal ini memungkinkan mereka tahan terhadap polymorphonuclear leukocytes (PMN), dan respon imun. Organisme ini kemudian menyebar melalui limfa ketika berada di dalam macrophages. Ini memberi mereka akses ke sistem retikuliendothelial (RES) yang merupakan bagian dari sistem imun dan kemudian ke organ yang berbeda di seluruh tubuh. Kemampuan unik dari organisme (maksudnya Salmonella Thyphi) inilah yang menyebabkan orang yang pernah menderita Tifus seperti saya, suatu saat penyakit ini akan kembali muncul. Penyakit ini akan kambuh kembali apabila daya tahan tubuh si penderita tidak optimal, seperti pada kondisi kelelahan, kurang tidur, asupan makanan tidak teratur dan sembarangan, dan lain-lain. Gejala-gejala yang kerap terjadi antara lain seperti nyeri pada perut, mual, muntah, demam tinggi hingga 40oC, sakit kepala dan diare yang kadang-kadang bercampur darah.


Sumber Utama:

WHO. 2009. Thypoid fever. http://www.who.int/topics/typhoid_fever/en/

Wikipedia. 2009. Thypoid fever. http://en.wikipedia.org/wiki/Typhoid

2 comments:

Unknown mengatakan...

Now we are entering the season of pancaroba, it makes the body will be increasingly vulnerable to attack the disease, as one example of the disease Typhus.
Obat Tipes

Unknown mengatakan...

5 fungsi Sunat bagi kesegaran Pria
Manfaat sunat bagi melindungi kebersihan. bersama sunat, dapat menghasilkan laki-laki lebih gampang menyiangi penisnya. Sunat sanggup menghindari penumpukan kotoran. dikarenakan sesudah kencing, kebanyakan kembali ada tertinggal di kulit (kulup penis) yg hasilnya sanggup menghasilkan iritasi kronis. Kebersihan penis pasti sanggup menjaga laki-laki semenjak beragam hal menyebar. tidak cuma itu sektor puncak penis cowok adalah area tumbuhnya tidak sedikit patogen. seandainya tak dikhitan, cowok berisiko mengantongi inflamasi yg berujung terhadap beraneka ragam kasus kesehatan.

Manfaat sunat kepada menghindari kanker prostat. penyelidikan di Universiy of Quebec’s INRS-Institut Armand-Frappier di Montreal, Kanada menyatakan bahwa sunat dapat mengecilkan komisi terinfeksi masalah kelamin merambat yg jadi salah tunggal penyebab kanker prostat.

Manfaat sunat buat menghindari HIV. laki-laki yg telah dikhitan mempunyai uang lelah borok terhadap meraup kasus menghinggapi seksual, salah satunya merupakan HIV. bagi penyigian Dr. Lance Price dan rekan-rekannya mulai sejak George Washington University, AS, sunat mampu menyusutkan efek terinfeksi HIV sampai 50 prosen. penyigian tercatat dilakukan dgn menyerupakan jalma yg menyertakan sunatan masal yg dilakukan di uganda dan yg tak menurunkan sunatan masal tercatat. awal kreasi penyelidikan tertera ketahuan bahwa sesudah disunat, bilangan keseluruhan patogen yg ada di kulup penis partisipan menular dengan cara istimewa. terkecuali itu prevalensi patogen anaerob (organisme yg tidak mampu pandangan hidup tidak dengan oksigen) jadi menyusut. kamu� menyirnakan kulupnya dan cacah oksigen yg ada di penis jadi bertambah borong mengadakan kelembabannya. dgn menyulih suara ekosistem yg ada di penis sehingga penis tak jadi sarang virus.

Manfaat sunat kepada menghindari barah ginjal & kandung kemih. buat penyigian yg dilakukan oleh Brian Morris, profesor ilmu kedokteran molekular berasal Sydney Medical School, University of Sydney, disebutkan bahwa anak laki laki yg tak dikhitan sepuluh kali lebih rentan meraih bengkak ginjal, kandung kemih, dan saluran kemih daripada ujang yg dikhitan.

Manfaat sunat juga sebagai donor patogen bagus. bakal penyigian yg dilakukan oleh ilmuwan bermula Indiana University, komune kuman apik dengan cara istimewa dipengaruhi oleh sunat. patogen bagus tercatat berperan yang merupakan pelindung. Oleh dikarenakan itu sunat atau khitan ketahuan bisa menciutkan remunerasi tertular HIV dan problem menghinggapi seksual yang lain. Nah, dimanakah tempat mikroba apik tersimpul guna penis? kuman tercantum terletak di lembah kulup penis.

Demikianlah artikel “5 fungsi Sunat terhadap kesegaran laki laki. mudah-mudahan sanggup membangkitkan wawasan dan berguna kepada kamu.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit kelamin yang anda rasakan, jangan ragu untuk bertanya pada kami karena isi konsultasi aman terjaga, privasi pasien terlindugi, dan anda bisa tenang berkonsultasi langsung dengan kami. Anda dapat menghubungi hotline di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli Klinik Apollo, atau klik website bawah ini untuk berkonsultasi dengan ahli klinik Apollo.

Rumah sakit andrologi jakarta | Mengatasi kulup panjang

Sunat laser di jakarta | Metode sunat modern di Klinik Apollo

Chat Online | Free Consultasion

Posting Komentar

Loading...
Loading...